Dekan Lepas Mahasiswa Studi Lapang Perencanaan Pembangunan

Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan akan melaksanakan Studi Lapang Perencanaan Pembangunan di Pulau Jawa dan Bali. Acara Pelepasan berlangsung di ruang rapat Fakultas yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar Hj. Lilly Ibrahim, SE, M.Si. Peserta Studi Lapang adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Semester VII dan Semester V.

Pada kesempatan itu, penanggung jawab kegiatan dalam hal ini dosen perencanaan pembangunan Ismail Rasulong, SE, MM melaporkan bahwa kelompok studi lapang terbagi dua, kelompok pertama berangkat ke Jawa dan Bali Tanggal 7 s/d 14 Desember 2011 sedangkan kelompok kedua akan berangkat ke PT. Inco Soroako dan Kecamatan Baraka Enrekang. Lebih lanjut dilaporkan bahwa mahasiswa yang ikut ke Jawa Bali sebanyak 19 orang dan didampingi oleh tiga orang dosen pembimbing, Bapak Sultan Sarda, SE, MM., Bapak Samsul Rizal, SE, MM., dan Bapak Ismail Rasulong, SE, MM.

Bapak Ismail Rasulong menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk pengenalan kepada mahasiswa tentang kondisi nyata di lapangan, terkait dengan penerapan konsepsi perencanaan pembangunan yang diaplikasikan dalam sektor-sektor tertentu. Diharapkan kegiatan ini akan memberi pengalaman praktis kepada mahasiswa untuk mampu menyusun sebuah perencanaan, paling tidak dapat menyusun sebuah strategi untuk pencapaian tujuan pembangunan secara nasional. Beberapa tempat yang akan dikunjungi di Pulau jawa meliputi Pemkot Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sentra Industri Batik dan Pengelolaan Desa Wisata di Jogja sedangkan di Bali, Mahasiswa juga akan mengunjungi beberapa Sentra Kerajinan.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi Hj. Lilly Ibrahim menyambut baik kegiatan yang digagas oleh dosen Perencanaan Pembangunan, dan berharap hal ini banyak diikuti oleh dosen-dosen yang lain. Menurut Dekan, konsep pembelajaran dewasa ini tidak bisa hanya mengandalkan tatap muka dalam kelas, tetapi mahasiswa perlu diperkenalkan tentang kondisi riil di masyarakat. Dengan begitu, menurut dekan, mahasiswa tidak hanya cerdas dalam teori tetapi juga mampu mendalami praktek di lapangan. Pada kesempatan itu, dekan juga menyampaikan agar para mahasiswa menjaga kekompakan dalam perjalanan, dan menggali banyak manfaat dengan seksama mengikuti arahan pembimbing.

Iklan

One comment on “Dekan Lepas Mahasiswa Studi Lapang Perencanaan Pembangunan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s